Sabtu, 22 Desember 2007

Prosesor Empat Inti Intel

(Sumber www.Tempointeraktif.com)
Pada acara Intel Developer Forum, akhir September lalu, President and Chief Executive Officer Intel Paul Otellini mengumumkan perusahaannya bakal meluncurkan prosesor empat inti (quad core) pertama pada November mendatang. Prosesor jenis itu akan ditujukan untuk komputer PC dan server volume tinggi.

Prosesor pertama yang akan dirilis, menurut Otellini, adalah Intel Core 2 Extreme empat inti bagi pemain game dan pembuat content. Adapun untuk kebutuhan server, prosesor empat inti Intel Xeon seri 5300 akan dipasarkan tahun ini.

Setelah itu akan disusul dengan prosesor irit daya (50 watt) empat inti, Intel Xeon L5310, untuk server blade. Prosesor itu akan bisa dijumpai di pasar pada triwulan pertama 2007, sama dengan waktu peluncuran prosesor mainstream Intel berinti empat, yang dinamai Intel Core 2 Quad.

Dalam kesempatan itu, Otellini juga mengulas teknologi manufaktur prosesor terbaru itu, yaitu teknologi manufaktur 45 nanometer. Saat ini sebagian prosesor yang dipasarkan Intel adalah prosesor yang dibuat dengan menggunakan teknologi 65 nanometer.

Pembuat prosesor lainnya belum memasarkan satu pun unit prosesor dengan teknologi ini. Menurut Otellini, pada paruh kedua 2007, Intel telah menyiapkan lini produksi dengan teknologi manufaktur generasi berikutnya, yaitu teknologi 45 nanometer.

Sudah ada 15 produk Intel yang menggunakan teknologi produksi ini, untuk segmen desktop, mobile, dan enterprise (perusahaan). Produk-produk tadi dikembangkan Intel dalam sebuah pabrik seluas lebih dari 46.450 meter persegi dengan besar investasi lebih dari US$ 9 miliar (sekitar Rp 81,9 triliun).

Menurut Otellini, kemunculan sistem operasi baru, game baru, video online, dan video high definition mendorong processing power yang semakin tinggi. Processing power pada prosesor, dia menambahkan, semakin penting untuk mengurangi panas, memperpanjang usia baterai, dan mengurangi daya listrik.

"Seiring dengan perpindahan kami menuju video definisi tinggi, kami membutuhkan kinerja delapan kali lipat lebih baik, hanya untuk keperluan encoding," kata Otellini.

Tahun ini, Intel memang berusaha bangkit dari keterpurukannya akibat penurunan penjualan pada tahun-tahun sebelumnya. Pertengahan tahun ini, Intel baru saja meluncurkan prosesor inti ganda, Intel Core 2 Duo, yang memiliki kinerja lebih baik dan lebih irit daya 40 persen dari prosesor Intel sebelumnya.

Intel cukup puas dengan penjualan Core 2 Duo, yang telah mencapai angka 5 juta unit, sejak diluncurkan Juli lalu. Intel juga bakal memperbarui teknologi cipnya setiap dua tahun sekali.

Pada 2008, Intel memproyeksikan melepas prosesor dengan kode Nehalem dan pada 2010 Intel meluncurkan prosesor dengan kode Gesher (menggunakan teknologi 32 nanometer).

Tidak ada komentar: