Senin, 24 Desember 2007

Langkah Maju Prosesor Triple Core AMD

(Sumber www.Beritanet.com)
Advanced Micro Devices Inc. yang berpusat di Amerika Serikat pada 17 September 2007 yang lalu mengumumkan akan kembali menambahkan sebuah prosesor desktop Triple Core dalam katalog produknya. Prosesor Triple Core ini sendiri direncanakan akan dirilis pada kuartal pertama 2008, setelah Quad Core Phenom pertama yang baru akan dirilis pada bulan Desember mendatang. Triple Core sendiri oleh AMD dimasukkan pada varian Quad Core yang biasa disebut Phenom.

Seperti juga versi Quad Core Phenom, chip versi Triple Core ini menggunakan sebuah chip silikon tunggal sebagai pengganti dari paket multichip yang mengkombinasikan dua chip, seperti yang dibuat Intel pada chip Quad Core-nya. Pada dasarnya perancangan prosesor triple core hampir sama dengan Quad Core, namun di sini AMD ingin menjembatani keinginan konsumen yang ternyata belum banyak yang ingin melangkah jauh dengan Quad Core. Menurut AMD, hal ini ditandai dengan masih lesunya penjualan prosesor Quad Core. Selain itu juga dukungan vendor software terhadap aplikasi yang dapat menggunakan kemampuan Quad Core secara optimal juga masih kurang. Hal ini yang kemudian membuat AMD berencana meluncurkan prosesor Triple Core ini.

AMD berharap melalui penjualan prosesor terbarunya, Quad Core Opteron dan Phenom yang akan dirilis, akan dapat memantapkan langkahnya dalam persaingan pasar penjualan prosesor.

Menurut pihak AMD, prosesor versi Triple Core Phenom ini diharapkan akan menjangkau konsumen secara lebih luas dibandingkan dengan prosesor versi Quad Core nantinya. Lebih lanjut Advanced Micro Devices Inc. tidak mengungkapkan berapa clock speed yang diharapkan dari versi chip Triple Core ini ataupun berapa besar biaya yang dihabiskan hingga prosesor ini siap diluncurkan.

Tidak ada komentar: